Detail Berita


Luar biasa, ternyata warga masyarakat Kabupaten Brebes di Batam Kepulauan Riau punya perwakilan PBB. Setelah ditelusuri, ternyata bukan badan dunia Persatuan Bangsa-Bangsa (United Nation) tetapi Paguyuban Brebes Batam (PBB). Organisasi komunitas warga Brebes yang mengadu nasib di Kepulauan Riau tersebut, keberadaannya diakui Walikota setempat dan dikukuhkan kepengurusannya dalam Gebyar PBB 2020 di alun-alun Sentosa Perdana (SP), Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (23/2).

Pengukuhan dilakukan oleh Pemangku adat setempat disaksikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH dan jajaran OPD Brebes.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH melihat, di saat 3500 berada di perantauan, tepatnya di Batam, tentu banyak menghadapi tantangan. Untuk itu, diperlukan kemampuan untuk menghadapi persoalan.

Dan PBB, kata Bupati, salah satu jawaban untuk menghadapi berbagai persoalan dengan ikaran silaturahmi yang kukuh dan kompak dari seluruh warga Brebes di Batam.

Bupati juga membuka pintu bila ada persoalan di perantauan, disampaikan saja kepada Bupati kendati cuna lewat WA.

Namun Bupati percaya, paguyuban yang telah dibentuk akan mampu menjawab semua persoalan yang mengemuka di perantauan.
"Mari kuateratkan persatuan dan kesatuan masyarakat Brebes di Batam," ajaknya

Idza juga menginformasikan kalau Brebes telah dijadikan Kawasan Industri dan Kawasan Peruntukan Industri. Untuk itu, mari kita dorong anak-anak yang ada di Brebes supaya bisa menuntut ilmu setinggi mungkin, minimal tingkat SLTA.

"Diperantauan, Idza juga mendorong untuk terus bersemangat jangan putus asa. Juga supaya menjaga nama baik keluarga dan Kabupaten Brebes.
Terus bersatu jaga kekompakan," tandasnya.

Lewat Kawasan Industri Brebes, lanjutnya, Brebes mendapat keberkahan yang luar biasa, karena sebagai strategis Nasional dengan kucuran penambahan anggaran sarana prasarana di Brebes sebesar Rp 13,9 Triliyun.

Sebagai daerah pertanian, lanjutnya, Brebes masih mempertahankan daerah potensial pertanian seluas
67 ribu hektar. Intinya, Kawasan Industri Brebes tidak mencaplok lahan pertanian. KIB justru untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 7 persen.

"Saya mohon doa, semoga Brebes bisa seperti Batam, yang maju dan sejahtera," pintanya.

Kepada pemerintah Kota Batam, Bupati titip warga Brebes yang ada di Batam untuk bisa melakukan kegiatan bisnis dan pekerjaan lainnya, berdampingan dengan baik.

Kedatangan Bupati, Wakil Bupati Brebes dan rombongan disambut dengan grup kesenian Turangga Satria Budaya dan Tari persembahan sekapur sirih khas Melayu.

Gebyar Pengukuhan Pengurus
Paguyuban Brebes Batam Periode 2020-2023 digelar sangat meriah.

Adapun yang dikukuhkan, sebagai Ketua Khamsu Dermawan, Sekretaris Kardi, Bendahara Subiyanto dan berbagai perwakilan di kepulauan Riau.

Sebagai upaya merekatkan persaudaraan, Lembaga Adat Melayu Datuk H Ahmad Syair Ibrahim memberikan tanjak, kepada pengurus PBB.

Dalam programnya, Khamsu menargetkan, berdirinya sekretariat dan rumah singgah dan pembinaan UKM di Batam.

"Warga Brebes yang datang ke Brebes tidak meminta-minta maupun berbuat kriminal, tetapi bekerja keras untuk anak istri yang halalan thoyiban.

Selain itu, Khamsu juga meminta Pemkab Brebes membantu dan mendukung PBB menjalin kemitraan, sosial kemasyarakatan, dan lain lainnya .

"PBB juga sudah melakukan aksi sosial, diantaranya mendonasikan lebih kurang Rp 100 jjuta saat terjadi longsor dan banjir Brebes.

Ketua panitia, Abdul Kodir, menjelaskan, Gebyar Pengukuhan mengusung tema Guyub Rukun Salawase, Sauyunan Babarengan. Brebes ngomongnya ngapak, wonge kompak. Dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung.

Pengukuhan juga dihadiri Asisten Umum Pemerintah Kota Batam Hariman. Menurutnya, pihaknya sangat terbantu oleh warga Brebes yang sekarang memiliki KTP Batam. Apalagi sekarang sudah bersatu dalam satuan komunitas PBB.

Juga tampak jadir anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau dan DPRD setempat, serta berbagai satuan komunitas seperti Ortega Tegal, Pemalang, Banjarnegara, Banyumas dan lain lain. (Wasdiun)

Bagikan

Kepala Dinkominfotik Kabupaten Brebes

Twitter @pemkab_brebes

Pengumuman

Agenda Hari Jadi ke-342 Kab. Brebes Tahun 2020

Lihat Selengkapnya ...

Jadwal Kegiatan Hari Jadi ke-340 Kab. Brebes Tahun 2018

Lihat Selengkapnya ...

Logo Hari Jadi ke-340 Kab. Brebes Tahun 2018

Lihat Selengkapnya ...

Logo Hari Jadi ke-339 Kab. Brebes Tahun 2017

Lihat Selengkapnya ...

Twitter @pemkab_brebes

Contact

Dinkominfotik Kabupaten Brebes -
JL. M.T Haryono No.76 Telp. (0283) 672907 Brebes - 52212

Statistik Pengunjung

Today   : 1
Total     : 482
Online   : 1

  • Developed by Dinkominfotik Kabupaten Brebes