Detail Berita


Untuk menekan tingkat pengangguran yang tinggi di Kabupaten Brebes, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Brebes meluncurkan Tag line “Yuh Ngasab Lur” dan Aplikasi “Ngasab Lur”. Kedua program tersebut untuk menjawab kebutuhan dan peluang kerja dengan mensinergikan antara pencari kerja dan penyedia kerja. Sehingga bisa bareng-bareng menekan tingkat pengangguran di Kabupaten Brebes.

Demikian disampaikan Kepala Dinperinaker Kabupaten Brebes Warsito Eko Putra SSos MSi saat Launching program tersebut di aula Dinprinaker Brebes, Kamis (14/04).

Eko mengajak kepada stakeholder pentahelix untuk bekerja sama dalam mengatasi tingkat pengangguran terbuka yang pada 2021 mencapai 9,78 persen. Dengan dilaunchingnya Yuh Ngasab Lur, diharapkan dapat membangun semangat bekerja seluruh masyarakat Kabupaten Brebes dan angka penganggurannya bisa turun di 2022.

Melalui aplikasi ini, kata Eko, masyarakat sebagai pencari kerja dan perusahaan sebagai pemberi kerja semakin dipermudah mendapatkan dan memberi informasi lowongan kerja. Bisa mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja, menjembatani kebutuhan kualitas maupun kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan.

“Ada program pelatihan, program pemagangan kerja serta layanan konsultasi permasalahan ketenagakerjaan,” tambah Eko.

Bupati Brebes melalui Asisten Sekda bidang Ekonomi dan Pembangunan Tety Yuliana mengapresiasi dan menyambut baik tag line ”Yuh ngasab lur”. Kata Tety, Yuh Ngasab Lur mampu mengurai permasalahan kesejahteraan masyarakat, yang salah satu faktornya disebabkan karena angka pengangguran yang masih cukup tinggi di Kabupaten Brebes.

Aplikasi ”ngasab lur”, dalam penilaian Tety merupakan inovasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Brebes, khususnya bagi pencari kerja dan pemberi kerja. Aplikasi ini berkorelasi dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Brebes. Seiring dengan perkembangan teknologi, akan dimudahkan dan dimanjakan dengan berbagai sarana program maupun aplikasi layanan masyarakat.

Begitu pula aplikasi ”ngasab lur” merupakan platform teknologi informasi berbasis online, yang bisa langsung digunakan melalui handphone dan bisa diakses di mana saja.

“Saya menilai, aplikasi ini termasuk implementasi reformasi birokrasi dengan memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan professional,” ujar Teti.

Tety berharap aplikasi ”ngasab lur” bermanfaat bagi masyarakat untuk menjangkau informasi tentang ketenagakerjaan dan pada akhirnya akan menekan angka pengangguran. Terlebih dalam menyongsong Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB). Artinya, dengan adanya aplikasi ngasab lur, memberi peluang bagi pemuda daerah terutama angkatan kerja dapat ikut andil dalam membangun Kabupaten Brebes lebih maju di sektor industri, dengan sumber daya manusia yang mumpuni.

Turut hadir launching Yuh Ngasab Lur antara lain Kepala Baperlitbangda Apriyanto Sudarmoko, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rofiq Qoidul Adzam, Ketua Baznas Abdul Haris, Ketua Apindo Brebes, Kadin Brebes, HRD Perusahaan di wilayah Brebes Lembaga Pelatihan Kerja dan Pelaku Industri Kecil Menengah.
Penulis: Agus Awaludin
Editor: Wasdiun

Bagikan

Twitter @pemkab_brebes

Contact

Dinkominfotik Kabupaten Brebes -
JL. M.T Haryono No.76 Telp. (0283) 672907 Brebes - 52212

Statistik Pengunjung

Today   : 1
Total     : 1279
Online   : 0

  • Developed by Dinkominfotik Kabupaten Brebes