Detail Berita


Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah mengunjungi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID pembantu Kabupaten Brebes, Selasa (25/10). Kunjungan tersebut untuk melihat kondisi di lapangan atas pelayanan informasi yang telah dilaksanakan oleh perangkat daerah sebagai badan publik.

Kepala Dinas Kominfotik Brebes Drs Tatag Koes Adianto MSi selaku Ketua PPID Utama saat menerima rombongan di aula operational room (OR) mengatakan, visitasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi merupakan tahapan pemeringkatan PPID dalam ajang KI Award 2021.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan dari proses pemeringkatan PPID tahun 2021. Visitasi yang dilakukan tidak hanya PPID Utama namun juga pada PPID Pembantu dari enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terpilih," jelas Tatag.

Berdasarkan penilaian atas Kuesioner Penilaian Mandiri atau Self Assessment Questionnare (SAQ) Pemeringkatan Badan Publik Tahun 2021 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Brebes lolos mengikuti penilaian tahap selanjutnya yaitu Tahapan Visitasi atau verifikasi.

Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah tengah melaksanakan Visitasi dan verifikasi ke PPID Utama Kabupaten Brebes. Pada tahapan ini Badan Publik akan dinilai atas pemeriksaaan dokumen dalam SAQ dan Presentasi TIM PPID dan menghadirkan enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dicantumkan dalam SAQ yakni, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi Umkm dan Perdagangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Kesehatan serta Dinas P3KB Brebes. Operasional Room (OR) Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Brebes.

Penilaian Presentasi dan Verifikasi ini akan menjadi dasar penetapan Badan Publik yang diundang untuk mengikuti tahapan Uji Publik.

Sementara Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Widi Heriyanto S Sos menyampaikan, maksud kedatanganya mengatakan, penilaian Self Assesment Questioner (SAQ) dengan nilai baik belum tentu lolos karena dalam pemeringkatan PPID juga dilihat dari akumulasi dari seluruh OPD.

"Hari ini dilakukan visitasi untuk melihat kondisi di lapangan dengan menilai presentasi, website, juga berkaitan dengan daftar informasi yang dikecualikan, dan sebaginya. Dan juga untuk memverifikasi faktual dokumen, apakah sudah sesuai dengan Self Assesment Questioner (SAQ) yang telah disampaikan," kata Widi.

Hadir dalam visitasi tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Ir Djoko Gunawan MT Selaku Atasan PPID Utama, Kepala Dinkominfotik Brebes dan enam perwakilan OPD, Sekretaris Dinas, Kasubag Program dan Admin PPID pada PPID Pembantu, yang meliputi Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi Umkm dan Perdagangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Kesehatan serta Dinas P3KB Brebes.

Bagikan

Twitter @pemkab_brebes

Contact

Dinkominfotik Kabupaten Brebes -
JL. M.T Haryono No.76 Telp. (0283) 672907 Brebes - 52212

Statistik Pengunjung

Today   : 2
Total     : 1478
Online   : 0

  • Developed by Dinkominfotik Kabupaten Brebes